Sabtu, 10 Mei 2008

hehe,,,,,kta sama2 blajar yuk!!!!!!

Desain dan konfigurasi VoIP dapat dibuat dalam berbagai skenario, bergantung pada perangkat apa yang akan kita gunakan. Dalam artikel ini dibahas cara-cara konfigurasi VoIP dan Data melalui Jaringan Frame Relay point-to-point menggunakan Cisco Router.
Port voice dalam router berperan melakukan emulasi koneksi telephony fisikal sehingga panggilan-panggilan voice beserta signaling dapat terkirim ke tujuan melalui jaringan. Agar komunikasi dapat berjalan dengan baik, hardware voice yang terpasang di perangkat router harus tepat, serta mengkonfigurasi port yang terhubung ke perangkat-perangkat telephony (handset, PABX, dll) juga harus sesuai. Dengan demikian, perangkat dapat saling mengerti beberapa informasi signaling yang diterima dari jaringan Frame Relay.


Switch Catalyst Cisco sudah menjadi device yang populer bagi network suatu perusahaan. Selama ini network admin sering dibuat pusing dan malas jika harus berinteraksi dengan switch Cisco dikarenakan harus menggunakan perintah-perintah command line. Bete banget kan Nah untuk Cisco punya solusi nih untuk mengatasi hal ini. Cisco membuat software berbasis GUI (Graphical User Interface) yang sangat memudahkan admin untuk mengkonfigurasi Switch Cisco. Kabar gembiranya ialah software yang bernama Cisco Network Assistant ini bisa diunduh secara gratis di website Cisco dengan catatan kita harus sudah terdaftar sebagai user pada website Cisco.

VNC Viewer Free Edition 4.1 adalah program gratisan yang dapat kita gunakan untuk mengendalikan komputer client atau server. VNC merupakan remote alternative selain Remote Desktop, sebenarnya masih banyak progam remote lainnya. Apa lagi bagi anda yang bekerja sebagai IT administrator yang mengharuskan anda melakukan kontrol terhadap beberapa komputer dalam satu jaringan LAN di berbagai ruangan bahkan gedung yang berbeda, atau bagi Anda yang membuka usaha warnet dengan banyak komputer client, ini perlu sekali kayaknya, klo biasanya ngepack Game Online harus jalan ke Client. Klo dah baca materi ini Anda tinggal buka aplikasi ini diserver atau dikomputer kesayangan. Tidak usaha jalan ke client klo software aplikasi error.
Share koneksi internet menjadi trend dikalangan instansi baik pemerintah maupun masyarakat, baik yang bergerak di bidang komersial, non-komersial maupun pendidikan. Beberapa teknologi ditawarkan baik oleh komunitas komersial maupun oleh komunitas Open Source.
Dalam kesempatan ini, Penulis akan mencoba memberikan pengalaman Penulis dalam mengimplementasikan aplikasi router gateway menggunakan linux dan software-software pendukungnya. Tulisan ini secara umum memberikan panduan untuk membangun Linux Router Gateway dengan Centos 5 yang sudah dilengkapi dengan aplikasi untuk share koneksi internet, content filter dan Traffic Monitoring menggunakan MRT.

Teknologi Wireless LAN menjadi sangat popular saat ini di banyak applikasi. Setelah evaluasi terhadap teknologi tersebut dilakukan, menjadikan para pengguna merasa puas dan meyakini realiability teknologi ini dan siap untuk digunakan dalam skala luas dan komplek pada jaringan tanpa kabel.
Wireless LAN bekerja dengan menggunakan gelombang radio. Sinyal radio menjalar dari pengirim ke penerima melalui free space, pantulan, difraksi, Line of Sight dan Obstructed LOS. Ini berarti sinyal radio tiba di penerima melalui banyak jalur (Multipath), dimana tiap sinyal (pada jalur yang berbeda-beda) memiliki level kekuatan, delay dan fasa yang berbeda-beda.
Awalnya teknologi ini didesain untuk aplikasi perkantoran dalam ruangan, namun sekarang Wireless LAN dapat digunakan pada jaringan peer to peer dalam ruangan dan juga point to point diluar ruangan maupun point to multipoint pada aplikasi bridge.
Wireless LAN di desain sangat modular dan fleksibel. Jaringan ini juga bisa di optimalkan pada lingkungan yang berbeda. Dapat mengatasi kendala geografis dan rumitnya instalasi kabel.


1 komentar:

Deraian Air Mata mengatakan...

ayo......... dunk komenya mna????
hy sobat ksi komen yang bnyak dunk!!!!!!!!!!

Glitter Words

Label